kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Keindahan Danau tertinggi se-asia tenggara - DANAU GUNUNG TUJUH

Keindahan Danau tertinggi se-asia tenggara - DANAU GUNUNG TUJUH

| Sabtu, 02 Februari 2013 | Dibaca: ... kali
DANAU GUNUNG TUJUH
Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau ini tercatat sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggiannya yang mencapai 1.950 meter dari permukaan laut.
DANAU GUNUNG TUJUH
Sesuai namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Di beberapa gunung ini terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis
DANAU GUNUNG TUJUH
Akses menuju Danau Gunung Tujuh cukup jauh jika ditempuh dari Kota Jambi atau Padang. Untuk mencapai lokasi ada 3 tahap perjalanan yang mesti dilalui oleh para wisatawan.
Pertama, perjalanan bisa ditempuh melalui tiga alternatif. 

  1. Perjalanan dari Kota Jambi ke Sungai Penuh yang berjarak sekitar 500 km, dapat ditempuh sekitar 10 jam menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi. 
  1. Perjalanan dari Kota Padang ke Tapan kemudian dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak 278 km dapat ditempuh sekitar 7 jam menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi.
  1. Perjalanan dari Kota Padang ke Muaralabuh yang dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 211 km dapat ditempuh sekitar 5-6 jam menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi.

Kedua, perjalanan dilanjutkan dari Sungai Penuh ke Kecamatan Kayu Aro atau tepatnya di Desa Pelompek dengan menggunakan angkutan umum. Jarak dari Sungai Penuh ke Pelompek sekitar 50 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
Ketiga, dari Desa Pelompek ke lokasi Danau Gunung Tujuh, wisatawan hanya perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi dengan dua alternatif rute.

(Baca juga: Keindahan Gunung Kerinci)
  • Dari pos jaga kawasan Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 3 km dimana kondisi medan tidak begitu sulit dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam.
  • Dari belakang wisma tamu Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak sekitar 2,5 km dimana kondisi medan agak curam dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam
DANAU GUNUNG TUJUH
DANAU GUNUNG TUJUH

Sumber : http://www.seputarkerinci.com/

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua