kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Aset Bank Century di Swiss Belum Dibekukan, Terancam Melayang

Aset Bank Century di Swiss Belum Dibekukan, Terancam Melayang

| Rabu, 13 Maret 2013 | Dibaca: ... kali
Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Djoko Susilo, memenuhi panggilan Tim Pengawas DPR untuk kasus Century. Djoko dipanggil dalam kapasitas penanganan pembekuan aset pemilik Bank Century, Robert Tantular yang ada di negara tersebut.

Djoko mengatakan, saat ini dia belum menerima Mutual Legal Assistance (MLA) yang dikirim untuk pemerintah Swiss terkait aset Century yang parkir di bank negara tersebut.

"Faktanya, MLA ini belum diterima, dan dana US$ 156 juta masih sengketa dan belum bisa dibekukan oleh otoritas Swiss," kata Djoko dalam paparannya di depan Timwas Century, di Gedung DPR, Rabu (13/3/2013).

Djoko mengatakan, aset Century yang terdapat di bank di Swiss saat ini berjumlah US$ 156 juta dari US$ 220 juta. "Setiap saat bisa saja melayang itu barang," paparnya.

Pihaknya fokus terhadap penyelesaian MLA kepada pemerintah Swiss, meski dirinya terkendala dengan akses untuk mempertanyakan kelanjutan proses pembekuan aset Century.

"Singkatnya, peranan kami dalam hal mendukung pemerintah menyelesaikan MLA pada pemerintah Swiss, kami seperti tukang pos," lanjutnya.

"Peranan ini saya jalani sejak Maret 2010, sampai berhenti pada Maret atau April 2012. Ini yang berhenti sama sekali. Karena kami tidak mendapatkan sama sekali akses, bisa dikatakan kegiatan kamu sebagai tukang pos vakum," imbuhnya.

(ahy/mok)

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua