kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Pelantikan Kades Batal, Warga Demo Bupati

Pelantikan Kades Batal, Warga Demo Bupati

| Minggu, 03 Maret 2013 | Dibaca: ... kali
KERINCI - Ratusan warga kemarin berunjukrasa di depan kantor Bupati Kerinci memprotes batalnya pelantikan Kades Desa Baru, Air Hangat Timut.
Pantauan dilapangan, warga yang didominasi wanita saat tiba di Kantor Bupati dengan menggunakan sejumlah mobil pick up langsung menuju pagar kantor Bupati yang telah dikunci petugas Satpol PP. Para warga memaki-maki dan menghujat Bupati H Murasman sambil berusaha mendobrak pagar kantor bupati.

Pengunjukrasa mencoba mendobrak pagar kantor Bupati Kerinci
Salah seorang warga dalam orasinya mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk pelantikan Kades Desa baru sejak sepekan yang lalu. Menurutnya sekitar Rp  20 juta habis sia-sia karena batalnya pelantikan yang telah dijadwalkan tanggal 27 Februari 2013 itu.
“Kita sudah sewa tenda, sudah masak, tapi Bupati tidak datang pada hari pelantikan, sia-sia semua persiapan kami,” ujarnya.
Salah seorang ibu-ibu yang ikut unjuk rasa mengatakan, pihaknya sudah membuat gulai keladi sesuai pesanan Bupati, tapi ternyata pelantikan tidak jadi. “Kami hanyutkan gulai keladi ke sungai, sirih sudah kering kami buang,” ucapnya.
Warga lain menuding  Camat Air Hangat Timur, Rafni Tan memprovokasi agar pelantikan batal dilaksanakan, karena Kades yang baru bukan tim sukses H Murasman. Dikatakannya, pemilihan Kades dilakukan tiga bulan yang lalu dan terpilihlah Munardi sebagai Kades yang menang.
Tidak hanya itu sejumlah warga sudah mendatangi rumah dinas Bupati untuk mengundang Bupati, namun ditolak oleh Bupati.
Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Kerinci  Azmal Fahdi mengatakan, dalam pertemuan itu diputuskan bahwa tuntutan pihak calon Kades yang kalah, yakni dari pihak Suparman, agar salah seorang dari kubunya menjadi Bendahara Desa diakomodir Kades yang baru.
“Bupati minta permasalahan antara Kades yang menang dengan calon Kades yang kalah diselesaikan dengan Kabid Pemdes dan harus ada hitam diatas putih, bahwa pihak yang menang mengakomodir pihak yang kalah menjadi Bendahara Desa,” ujarnya. Kemudian Bupati mau melantik Kades yang baru asal masalah dengan calon Kades yang kalah selesai. “Kalau masalah itu selesai dijadwalkan 10 Maret pelantikan Kades baru,” katanya.
(dik)

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua