kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Tips Android: Menulis dengan Suara

Tips Android: Menulis dengan Suara

| Selasa, 05 Maret 2013 | Dibaca: ... kali
Aku sedang mencoba menulis dengan suara. Tulisan ini hampir seluruhnya aku tulis dengan mendiktekan pada HP androidku. Pertamanya aku agak canggung. Ternyata, menulis dengan suara sangat menyenangkan dan mudah.

Menulis dengan suara adalah teknik baru yang belum lazim digunakan. Selama ini kita lebih terbiasa menulis di komputer atau hp dengan menggunakan papan keyboard. Jari jari tangan kita menari di atas papan keyboard. Pikiran kita mengalir melalui jari jari tangan menjadi tulisan di atas layar. Rasanya sulit sekali untuk merubah kebiasaan ini. Kita sudah merasa sangat nyaman dan kadang kadang malas untuk mempelajari teknik baru.

Seperti halnya ketika kita terbiasa menulis dengan tangan kemudian berpindah menulis dengan mesin ketik. Atau merubah kebiasaan mengetik 11 jari menjadi 10 jari. Awalnya akan terasa sulit tetapi dengan terus berlatih lama kelamaan akan menjadi mudah.

Android telah berkembang sangat pesat. Salah satunya teknologi merubah suara menjadi teks. Android bisa merubah suara kita menjadi susunan huruf di atas layar monitor. Bahkan saat ini kita juga bisa memerintah hp android kita dengan perintah suara.

Banyak yang bisa kita lakukan dengan teknologi baru ini. Misalnya, menulis sms, memperbaharui status di facebook, twit baru, pencarian di google, membuat catatan, atau pun tulisan panjang seperti posting ini.
Sebenarnya teknologi ini sudah ada pada android versi 2. Dulu masih banyak kesalahan,  versi baru sudah lebih baik lagi, Banyak perkembangan dan kesalahan ketik lebih sedikit. Kalau anda ingin mencoba caranya sangat mudah sekali.

Coba anda perhatikan pada keyboard virtual hp android anda. Ada icon microphone pada salah satu tuts keyboard virtual hp android anda. Biasanya letaknnya dekat dengan tombol SPACE. Klik icon microphone ini. Ada gambar microphone di layar anda. Sekarang cobalah berbicara dengan jelas dan perlahan. Tunggulah sebentar. Dalam sekejap suara anda akan berubah menjadi tulisan. Mudah sekali bukan?

Namun ada syaratnya, yaitu hp android anda harus terhubung dengan internet, karena hp android akan terhubung dengan google untuk menterjemahkan suara anda menjadi tulisan. Kedua, yang penting lagi adalah pengaturan bahasa. Jika anda ingin menulis dengan bahasa indonesia maka setting bahasa harus bahasa Indonesia, demikian suka kalo bahasa Inggris setting bahasa harus bahasa Inggris.

Salah satu perkembangan tekhnologi ini yang membuat saya kagum adalah terjamahan untuk tanda baca yaitu titik. Versi sebelumnya tidak ada kemampuan ini. Jadi kalau ingin menambahkan tanda baca titik saya hanya ngomong titik. Teknologi ini bisa digunakan untuk semua aplikasi android yang membutuhkan input text.
Beberapa hal yang belum bisa dilakukan oleh teknologi ini antara lain: penampakan tanda baca yang lebih kompleks selain tanda titik, pindah baris, ganti spasi, simbol, rumus kimia. Saya yakin teknologi ini akan terus berkembang sehingga bisa melengkapi kekurangan itu.

Tehnik baru ini bermanfaat untuk orang yang banyak bekerja dengan tulis menulis. Saya masih agak canggung menggunakan teknik ini. Namun, dengan banyak latihan dan belajar saya yakin saya akan dapat menulis dengan Iebih baik lagi.

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua