kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Beberapa Surat Suara Ditemukan Rusak

Beberapa Surat Suara Ditemukan Rusak

| Rabu, 18 Januari 2017 | Dibaca: ... kali
Ilustrasi
SAROLANGUN - Surat suara untuk pemilihan Bupati Sarolangun 15 Februari mendatang, mulai disortir oleh sejumlah petugas sejak datang ke gudang KPU Sarolangun, Senin (12/3) lalu. Penyortiran untuk memisahkan surat suara yang rusak, sekaligus pelipatan surat suara agar siap didistribusikan ke wilayah-wilayah Kabupaten Sarolangun.

Pantauan Tribun, Selasa (17/1), proses penyortiran tersebut diawasi langsung oleh pihak Komisioner KPU Kabupaten Sarolangun, Panwaslu serta dari pihak kepolisian.

Komisioner divisi logistik KPU Kabupaten Sarolangun, Toriq yang ditemui dilokasi penyortiran mengatakan, mereka yang berkerja menyortir surat suara tersebut berjumlah lebih kurang 30 orang.

“Mereka mulai berkerja mulai pukul 14.00 hingga pukul 22.00,” jelas Toriq, kemarin.

Katanya, petugas penyortir surat suara merupakan pegawai yang ada di KPU saja. Untuk menyortir dan melipat surat suara tersebut petugas mendapat upah sebesar Rp 150 perlembar.

Dirinya optimistis, proses penyortiran tersebut bisa selesai tepat waktu. Sortir surat akan berakhir pada 26 Januari mendatang.

“Proses sortir ini akan dapat diselesaikan tepat waktu,” ucapnya.

Sejauh ini sebutnya, dari 10 persen surat suara yang telah disortir petugas sudah menemukan beberapa surat suara yang rusak. Jenis kerusakan yang ditemukan, dimana surat suara tersebut robek, terdapat bercak-bercak, warna kabur dan sebagainya.

“Dihari pertama penyortiran kita temukan sebanyak 19 lembar yang rusak,” jelasnya.

Dikatakannya, jika proses sortir tersebut ditemukan surat suara yang rusak, maka KPU kabupaten wajib menyampaikan laporan kepada pihak KPU RI melalui berita acara. Dan surat suara tersebut kemudian akan diganti dengan yang baru.

“Total surat suara yang akan disortir sebanyak 195.996 lembar ditambah dengan 2.000 lembar,” pungkasnya.

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua