kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Kelompok Tani di Kerinci Akan Diverifikasi Ulang

Kelompok Tani di Kerinci Akan Diverifikasi Ulang

| Jumat, 16 Februari 2018 | Dibaca: ... kali
Kelompok Tani di Kerinci Akan Diverifikasi Ulang
Ilustrasi - 
BERITA KERINCI - Kelompok tani di Kabupaten Kerinci, akan dilakukan verifikasi ulang oleh Dinas Tanaman Pangan dam Holtikultural Kabupaten Kerinci. Hal ini untuk melihat kelompok tani masih aktif dan memiliki kegiatan di setiap desa di kabupaten Kerinci.

Hal katakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulturan Kerinci, Radium Halis, kepada harian ini. Menurutnya untuk kelompok tani perlu dilakukan verifikasi ulang, sebab masih ada kelompok tani yang kurang aktif.

"Ya, verifikasi ini, untuk mengaktifkan kegiatan di setiap kelompok tani, kan untuk kelompok tani harus jelas programnya. Harus memiliki lahanya baik lahan kering maupun lahan basah,"jelasnya.

Selain itu, kata Radium Halis, verifikasi ini juga untuk melihat kelompok tani yang pengurusnya sudah tidak ada lagi atau sudah jadi PNS. "Kan bisa saja ada yang pengurusnya sudah berganti, makanya kita cek,"sebutnya.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikutural Kabupaten Kerinci, untuk jumlah kelompok tani yang terdaftar sebanyak 2.555 kelompok tani yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Kerinci.

Dia menjelaskan untuk proses membentuk kelompok tani, adalah melalui SK dari Kepala Desa (Kades) dan diketahui dari pendamping penyuluh lapangan di kecamatan masing-masing.

"Kita minta kepada kadesnya dapat selektif dalam menerbitkan SK kelompok tani, karena syaratnya harus memiliki lahan dari anggota kelompok,"tandasnya.

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua