kerinci sungai penuh news
menu
pilihan

Biaya Haji Naik, Jatah Makan dan Pelayanan Jamaah Meningkat

Biaya Haji Naik, Jatah Makan dan Pelayanan Jamaah Meningkat

| Selasa, 13 Maret 2018 | Dibaca: ... kali
Pelaksanaan Ibadah Haji
JAKARTA, kerincisungaipenuh.com - Kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018 akan disertai dengan peningkatan pelayanan jamaah haji selama di Tanah Suci Makkah dan Madinah. Biaya haji disepakati sebesar Rp35.235.602 juta per jamaah atau naik Rp345.290 (0,99 persen) dibandingkan tahun lalu sebesar Rp34.890.312.

Meski kenaikan biaya haji tidak signifikan, peningkatan pelayanan jamaah haji akan dilakukan menyeluruh di semua sektor. Antara lain, penambahan jatah makan dari 25 kali menjadi 40 kali khusus di Makkah. Sebelumnya, jatah makan jamaah hanya 25 kali. Selain itu, ditambah lagi snack pagi di pemondokan Makkah. Untuk di Madinah, jatah makan sebanyak 18 kali.

Peningkatan pelayanan lain dalam pelaksanaan ibadah haji adalah pengawasan makanan, gizi, dan sanitarian oleh tenaga profesional atau ahli. Waktu tinggal jamaah di Arab Saudi juga bertambah menjadi 41 hari dari sebelumnya hanya 39 hari. Sementara alokasi kuota petugas haji Indonesia tahun 2018 sesuai ketersediaan barcode adalah sejumlah 4.100 orang.

"Panja BPIH Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama juga menyepakati peningkatan fasilitas di Armina di antara peningkatan kuantitas dan kualitas alat pendingin di tenda Arafah, tambahan toilet portable di Mina, dan penambahan space untuk jamaah di Mina," ungkap Ketua Panja Komisi VIII DPR Noor Achmad di Ruang Rapat Komisi VIII DPR RI, Kompleks Parlemen, (12/3/2018).

Sektor pelayanan transportasi jamaah haji juga mendapat perhatian. Misalnya, bus angkutan menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) dan transportasi antarkota (Makkah, Madinah, dan Jeddah) dengan penyesuaian rasio rata-rata 450 orang per bus.

Diketahui, Panitia Kerja (Panja) BPIH Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) menyepakati untuk melakukan peningkatan pelayanan terhadap jamaah haji. Rapat kerja Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama mengesahkan dan menetapkan biaya haji tahun 2018 sebesar Rp35,23 juta.

Selain itu, disepakati juga peningkatan pelayanan embarkasi melalui perbaikan fasilitas sarana dan prasarana asrama haji, peningkatan kualitas katering, layanan kesehatan di embarkasi, serta peningkatan koper dan tas kabin bagi jamaah haji.

Rekomendasi

Rekomendasi

TERKINI

Lihat Semua